Cara Mengatasi Virus Autoit Menjelma Gambar Webcam

Home » , » Cara Mengatasi Virus Autoit Menjelma Gambar Webcam



Direct Alternative Download


Cara Mengatasi Virus Autoit Menjelma Gambar Webcam


 Cara Mengatasi Virus Autoit
Oleh : Kang Zain

Sebelum mengatasi virus Autoit terlebih dahulu kita harus mengerti definisi virus tersebut. Autoit merupakan sebuah bahasa pemrograman scripting basic seperti VBS Script, pada dasarnya  menciptakan Autoit digunakan untuk memudahkan para developer software untuk menagani permasalahan yang ada dalam software secara otomatis, fungsi dari Autoit tersebut sebenarnya para pengembang sofware dengan mudah memanipulasi gerakan mouse, tuts keyboard dan windows aplikasi yang berjalan. Namun hal tersebut nampaknya menjadi ajang uji coba untuk dijadikan virus dengan menggunakan Autoit karena menggunakan bahasa basic yaitu seperti visual basic bermanfaat memudahkan para pembuat virus untuk mempelajari Autoit dengan mudah.


 
 Gambar virus atoit yang menjelma menjadi webcam yang terletak pada folder

Ada semboyan diatas langit masih ada langit, seganas apapun virus itu tentunya mempunyai pembasmi yang ampuh. Virus Autoit sangat mudah menyebar langsung menyerang restore point virus tersebut  paling cepat melalui Flash Disk, hal ini bisa dikatakan cepat karena kita sering memasukkan FD dan dengan kecerobohan tidak menyecannya akhirnya menyerang pada setiap folder yang ada pada PC atau laptop. Bukan sekedar lewat FD saja namun bisa menyebar dengan memanfaatkan Aplikasi Instan Messaging seperti Yahoo Messenger, Google Talk, dan Skype. sebenarnya virus ini bukanlah hal baru karena sebelumnya sudah ditemukan ni Virus Sohanad dan cara penyebarannya juga sama.

Setelah mengetahui Virus Autoit dan juga penyebarannya tentunya ingin tahu cara mengatasinya, sebelumnya virus Autoit bekerja menghapus semua restore point yang ada di dalam daftar System Restore, akibatnya apabila korban ingin mengembalikan keadaan komputernya seperti semula, tidak akan bisa karena restore pointnya sudah dihapus oleh virus.

Ada beberapa cara untuk mengatasinya namun saya menggunakan Smadav agar lebih mudah dan tentunya kita sudah mengenalnya. Adapun cara membersihkannya seperti berikut:

  1. Buka anti virus SMADAV.
  2. klik TAB Tools lalu klik One Virus By User, di situ akan terlihat file induk virus dengan nama System32_.exe kemudian klik kanan pilih Add As Virus.
  3. Kemudian menuju ke TAB Scanner  pilih Full Scan.  Jika sudah tinggal klik tombol SCAN >>
  4. Tunggu hingga proses scanning selesai, dan terakhir tinggal klik Tombol Bersihkan atu biasanya Fix All.

Setelah melalui langkah tersebut pc atau laptop sudah bersih dari virus tetapi jangan lupa tentunya harus Scan juga semua media penyimpanan yg kamu miliki, seperti Flashdisk dan  HD External. Agar virus Autoit dibersihkan secara keseluruhan untuk kemungkinan virus tersebut tidak masuk lagi pada system pc atau laptop.


Cara Mengatasi Virus Autoit Menjelma Gambar Webcam




.
Share this article :