CodeLobster PHP Edition

Home » , » CodeLobster PHP Edition




CodeLobster PHP Edition




CodeLobster PHP Edition

Di tengah berbagai aplikasi editor PHP di pasaran, kehadiran CodeLobster layaknya angin segar. Kelengkapan feature dan harga yang kompetitif adalah keunggulan utamanya yang memanjakan para programmer.

CodeLobster PHP Edition merupakan editor atau IDE (Integrated Development Environment) untuk bahasa pemrograman PHP (termasuk juga HTML, Javascript, dan CSS). Aplikasi ini memiliki feature lengkap serta plugin untuk beberapa CMS (Content Management System) dan framework yang populer saat ini. 

Bagi seorang programmer, fasilitas yang paling membantu dalam suatu IDE adalah autocomplete atau word completion. Beragamnya framework untuk berbagai bahasa pemrograman yang masing-masing membawa kelas dan fungsinya sendiri mungkin akan menyulitkan pengguna untuk mengingat semua kelas/fungsi tersebut (terutama untuk menu atau fasilitas yang jarang digunakan). 

Dengan adanya feature autocomplete (CodeLobster menyebutnya Intelligent autocomplete), Anda cukup mengetikkan beberapa huruf depannya saja. Kemudian, CodeLobster akan memunculkan pop-up daftar kelas/fungsi yang diperkirakan dapat digunakan oleh Anda. Feature ini dirasakan cukup akurat, ringan, dan cepat. Meskipun sebetulnya tidak terasa bedanya antara memunculkan pop-up tersebut dan ketika memunculkan fungsi-fungsi standar PHP/HTML/Javascript. 

Jika hendak menggunakan salah satu CMS/framework yang didukung, CodeLobster dapat secara otomatis mengunduh dan memasang CMS/framework tersebut ke dalam project Anda. Setiap plugin dilengkapi dengan feature spesifik CMS/framework yang bersangkutan. Misalkan untuk plugin CMS Joomla, disediakan feature Joomla Template Preview (Theme Editor). Pada framework Symfony disediakan Task Executing yang dapat mengenali berkas dengan format .yaml. Sementara itu, framework Yii memiliki feature autocomplete untuk path alias. 

Selain karena harganya yang lebih murah dibandingkan kompetitornya yang memiliki feature yang hampir sama, CodeLobster juga menyediakan versi gratis yang dilengkapi feature validasi kode standar untuk HTML, Javascript, CSS, dan PHP. Untuk versi berbayar, CodeLobster menyediakan versi Lite dan Professional. Versi Lite selain memiliki feature-feature standar yang terdapat pada versi gratis, juga memberikan tambahan feature SQL manager dan mendukung perangkat lunak pengontrol versi (Versioning Control) SVN, Git, Mercurial, dan TortoiseSVN. Sementara itu, untuk versi Professional, Anda sudah dapat memanfaatkan plugin yang mendukung CMS Drupal, Joomla, dan Wordpres;, framework CakePHP, CodeIgniter, Facebook, Smarty, Symfony, dan Yii; serta pustaka (library) Javascript Query. 

Kekurangan dari CodeLobster sampai saat ini (versi 4.2.1) adalah masih adanya bug untuk koneksi ke server melalui SFTP. Menurut tim pengembangnya, bug tersebut berasal dari pustaka eksternal yang digunakan oleh CodeLobster. Pustaka ini memang tidak dikembangkan sendiri oleh tim CodeLobster.
CodeLobster dapat menjadi salah satu pilihan aplikasi editor PHP karena dukungannya terhadap beberapa CMS dan framework yang populer saat ini. Pada versi berbayar, lisensi one-for-all yang ditawarkan memungkinkan Anda berbagi lisensi secara tidak terbatas dengan rekan kerja.
Spesifikasi ;
•    Jenis -Gratis (free version)/Berbayar (Lite/Professional $119.95)
•    Ukuran Instalasi-17,7 MB
•    Situs Resmi- http://www.codelobster.com/
•    Support OS- Windows ME/NT4.x/2000/XP/2003Server/2008 Server/Vista/7

Dukungan Lengkap

Dengan dukungan berbagai CMS dan framework yang populer, feature Intelligent autocomplete akan sangat bermanfaat.

Intelligent Autocomplete
Selain memprediksi fungsi-fungsi standar PHP, feature ini dioptimalkan untuk memprediksi kelas dan fungsi pada CMS, framework, dan pustaka Javascript. Selain itu, fungsi ini dapat pula memprediksi Query SQL pada database yang sudah terhubung.

Version Control System
Mendukung berbagai perangkat lunak pengontrol versi (versioning control) seperti SVN, Git, Mercurial, dan TortoiseSVN untuk memudahkan pengelolaan proses pengembangan sistem dalam suatu kelompok kerja yang terpisah. 

Kekurangan Dan Kelebihan
Plus: Dukungan berbagai CMS dan framework yang populer; harga murah karena lisensi bersifat one-for-all.

Minus : Versi terakhir (4.2.1) masih memiliki bug untuk koneksi melalui SFTP.
Demikian tadi pemaparan tentang CodeLobster PHP Edition secara sederhana, semoga bermanfaat bagi yang gemar programmer computer. (RS) Penulis: Ahmad Mustaghfirin
Mahasiswa Semester III, Fakultas Syari’ah INISNU Jepara.


CodeLobster PHP Edition






.
Share this article :