Cara Reset Printer Canon ip 1980 Secara Total

Home » » Cara Reset Printer Canon ip 1980 Secara Total




Cara Reset Printer Canon ip 1980 Secara Total




Cara Reset Printer Canon ip 1980 Secara Total, Printer lampu indikator berkelap-kelip dan muncul pesan “The ink absorber is almost full”. hal ini yang terjadi disaat saya mau print dokumen, awalnya baik-baik saja tapi setelah saya isi tinta tiba-tiba rusak. setelah cari di google.com ternyata ada cara reset printer canon ip 1980 secara total. sekarang print saya lancar.

Ok. namun sekarang sudah ada solusinya setelah saya cari di google.com. bisa disamakan gambar di bawah ini dengan di layar komputer atau pc sobat :


Nah,,, jika terjadi masalah seperti gambar diatas maka jangan langsung diserviskan, Dalam artikel ini kang zain akan coba berbagi pengalaman tentang cara mereset Canon IP1980 secara total dengan cara manual dan dilanjutkan dengan menggunakan tool resetter sehingga printer bisa normal kembali.

Penyebab Print Rusak Disini:
Solusi sementara yang mungkin Anda lakukan adalah menekan tombol RESUME seperti yang diperintahkan dalam pesan tersebut. Untuk sementara Anda bisa mencetak dokumen, tetapi kejadian ini terus berulang dan bahkan mungkin sampai printer tersebut hanya menampilkan lampu indikator yang nge-blink saja, tidak bisa ngeprint sama sekali.

Kondisi tersebut sebenarnya umum terjadi pada printer inkjet. Pada printer tersebut terdapat tempat pembuangan tinta atau biasa disebut waste ink tank, didalam tempat pembuangan ini terdapat bahan semacam busa (ink absorber) untuk menyerap tinta buangan dari Catridge, misalnya ketika printer melakukan proses cleaning head.

Untuk mencegah melubernya tinta buangan tersebut, maka pihak pabrikan membuat semacam counter yang akan menghitung jumlah print out dari printer, ketika telah mencapai batas tertentu itulah kondisi “waste ink tank full” atau “ink absorber is full” terjadi dan biasa ditandai dengan indikator LED yang kelap-kelip.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melakukan dengan cara mereset printer secara manual atau dengan menggunakan tool resetter printer. Kekurangan dari mereset printer secara manual yaitu ketika listrik mati akan terjadi lagi kondisi “ ink absorber full” atau semacamnya dan printer harus di-reset kembali.

Setelah mengetahui penyebabnya, Berikut Cara Reset Canon IP1980 Secara Total Dengan Software General Tool Canon IP1900 series:


Download Software
Untuk Reset kali ini menggunakan software, sobat Download terlebih dahulu Software Resetter Canon IP 1980, klik disini untuk download. Kemudian extract dan jalankan softwarenya.
Setelah punya software ikuti petunjuk selanjutnya :
  1. Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
  2. Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power
  3. Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
  4. Lepaskan kedua tombol.
  5. Dalam tahap ini printer dalam kondisi temporary reset dan untuk meresetnya secara total, jalankan aplikasi General Tool Canon IP1900 yang telah Anda download.
  6. Tunggu sejenak sampai program mendeteksi adanya printer seperti terlihat pada gambar dibawah ini:
 
Ikuti Petunjuk Penting Gambar Diatas :
  1. Setelah printer terdeteksi Seperti gambar diatas, centang pilihan EEPROM Clear dan klik tombol Test Pattern 1
  2. Masukan kertas kosong karena printer akan segera melakukan print test.
  3. Setelah printer selesai ngeprint, klik tombol Main dan Platen kemudian klik tombol Quit untuk keluar.
Sekian cara reset printer Canon IP1980 secara total. Untuk mencoba hasilnya yang maksimal silahkan sobat matikan printer kemudian nyalakan lagi, klo sobat berhasil maka printer akan kembali normal dan bisa dipake untuk ngeprint kembali tanpa terganggu pesan error seperti diatas.

Jika sobat bingung silahkan tinggalkan pesan dan tunggu update artikel maupun software terbaru dari Software Mania PC. Good Luck

Sumber : DISINI




Cara Reset Printer Canon ip 1980 Secara Total






.
Share this article :