Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Home » » Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama



Direct Alternative Download


Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama


Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama - Tips/trik kali ini masih seputar gadget yaitu laptop atau notebook agar tetap awet. Laptop atau notebook adalah barang elektronik yang sangat sensitif dan mudah rusak, maka harus ada perawatan khusus agar tidak mudah rusak.




Ok !!! langsung saja berikut beberapa Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama simak dengan baik dan semoga bermanfaat. 

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

1. Jika Laptop bermasalah jangan pernah berfikir untuk membongkar Laptop itu sendiri. Sebaiknya serahkan kepada orang yang professional dan lebih berpengalaman. Khusus pada Laptop yang masih bergaransi membongkar Laptop dapat juga merusak sticker garansi yang melekat pada Laptop.

2. Hati-hati pada saat membawa Laptop. Walaupun kita sudah menggunakan tas Laptop namun kita harus tetap berhati-hati dalam membawa Laptop. Jika kita menggunakan tas Laptop ransel jangan sampai terjadi penumpukan barang yang terlalu banyak, dan hindari juga benturan – benturan yang cukup keras.

3. Rawatlah Baterai Laptop jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai pada Laptop.

4. Yang terakhir bersihkanlah Laptop secara berkala dan rutin. Bersihkan Laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk membersihkan keyboard dianjurkan menggunakan kuas yang halus dan untuk membersihkan layar monitor dianjurkan menggunakan pembersih khusus yang dapat kita beli di toko komputer.

5. Gunakan tas Laptop yang aman. Ada banyak tas Laptop baik bawaan dari toko ataupun kita beli sendiri. Yang pasti hal yang harus diperhatikan adlah Laptop harus cukup aman dari goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.

6. Gunakan stabilizer sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan kondisi listrik yang tidak stabil, gunakan stabilizer meskipun itu yang standar tetapi bisa meminimalisir kerusakan hardware pada Laptop.

7. Jauhakan dari benda yang mengandung medan magnetik kuat. Laptop sangat peka terhadap benda – benda yang mengandung daya magnet jadi jika kita sedang menggunakan Laptop jauhkan lah benda – benda yang mengandung medan magnet agar tidak merusak kinerja dari Laptop tersebut.

8. Jangan meletakan sesuatu diatas Laptop jika sedang tidak di gunakan apalagi jika barang tersebut memiliki bobot yang cukup berat karena dapat merusak layar monitor pada Laptop.

9. Hindarkan Laptop anda dari sinar matahari secara langsung. Laptop adalah alat yang sangan sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Baik ketika kita kerja maupun ketika kita menyimpannya pun harus terlindung dari sinar matahari.

10. Berhati – hati dalam mendownload Software dari internet.  Resiko software yang kita download itu memiliki virus cukup besar, jadi jika kita masih tetap ingin menggunakan software yang kita download melalui internet pastikan kita scan software tersebut dengan antivirus terlebih dahulu.

11. Jangan letakan Laptop di lantai. Resiko Laptop tersebut terinjak sangatlah besar dan ketika Laptop kita taruh di lantai resiko terkena debunya pun sangat besar apalagi jika lantai tersebut jarang disapu dan di bersihkan.

12. Jangan letakan Laptop anda di tempat yang permukaannya terlalu empuk. Ketika kita menyimpan Laptop kita pada permukaan yang terlalu empuk ini adalah hal yang sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada Laptop tersebut akan terganggu dan menyebabkan Laptop tersebut akan lebih cepat panas dan dapat merusak bagian Prosessor.

13. Jangan letakan benda apapun diantara keyboard dan layar Laptop lalu menutupnya. Resiko layar Laptop tergores cukup besar jika kita menyimpan barang apapun diantara keyboard dan layar Laptop, meskipun barang tersebut adlah kertas sekalipun resiko tergores tetap cukup besar.

14. Jangan makan dan minum dan meletakan benda yang mengandung cairan disekitar Laptop. Hal ini sangat penting karena Laptop sangat peka sekali jika terkena bahan yang berbentuk cairan apalagi jika masuk kedalam keyboard.

15. Jangan memberikan penutup apapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop dalam keadaan menyala karena ini juga akan menggangu sirkulasi udara pada Laptop dan akan berakibat pada kerusakan Prosessor.

16. Hindari getaran dan jauhkan Laptop dari alat pengeras suara seperti loudspeaker, mesin/kendaraan berat dan sumber getaran lainnya.

17. Hindari Laptop dari sinar x-ray di airport.

Rasanya cukup tips kali ini, semoga Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama dapat bermanfaat. good Luck


Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama




.
Share this article :