Pengertian dan Fungsi Heatsink Juga Fan Pada Komputer

Home » » Pengertian dan Fungsi Heatsink Juga Fan Pada Komputer



Direct Alternative Download


Pengertian dan Fungsi Heatsink Juga Fan Pada Komputer


Pengertian dan Fungsi Heatsink Juga Fan Pada Komputer - Pengertian heatsink di dalam sebuah komputer adalah sebuah logam (terbuat dari aluminium atau tembaga) yang menempel di atas sebuah chip melalui perantara krim yang disebut dengan thermal grease. Heatsink ini bisa anda temukan terpasang diatas processor (CPU), di atas chip VGA card (GPU), dan juga bisa anda temukan pada jenis RAM kelas high-end.

Fungsi heatsink ini adalah untuk menyebarkan panas yang dihasilkan oleh chip yang ada di bawahnya ke udara di sekitarnya, jadi fungsinya adalah untuk mendinginkan chip tersebut. 


Pengertian dan Fungsi Fan 
Pengertian Fan
Sedangkan yang dimaksud dengan fan adalah semua kipas yang terdapat di dalam casing komputer, fan ini ada yang menempel di casing ada juga yang menempel di atas heatsink.

Fungsi fan yang menempel di atas heatsink adalah untuk mendinginkan heatsink tersebut, sedangkan fungsi fan yang menempel di casing adalah untuk mengatur aliran udara (air flow) di dalam casing supaya tetap dingin, jadi udara segar dari luar ditarik ke dalam dan udara panas dari dalam dikeluarkan.




Pengertian dan Fungsi Heatsink Juga Fan Pada Komputer




.
Share this article :