Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

Home » » Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak




Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak




Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak  – jika sobat menemukan flashdisk yang tidak terbaca ‎komputer atau laptop rasanya langsung pengen membuangnya. Eits… kasihan kan kalau flasdisk rusak ‎langsung dibuang tanpa diperbaiki terlebih dahulu. Setelah saya cari solusinya ternyata itu bukan ‎kerusakan fatal alias bisa diperbaiki. Kemarin kang zain share bagaimana tips cara memperbaiki flashdisk yang ‎tidak terbaca atau tidak terdeteksi komputer. sekarang sebagai pelengkap Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Berikut cara mengatasinya :‎ 




Flashdisk tidak terbaca sama sekali alias tidak terdeteksi oleh system operasi ? Atau meskipun terdeteksi oleh windows tetapi setelah di properties ternyata menunjukkan kapasitas 0 byte padahal flashdisk berukuran 4 GB? Nah tahukah bahwa ada Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Bermasalah?
Dalam komputer biasanya yang terdeteksi oleh windows tetapi terbaca hanya 0 byte dan keluar jendela peringatan “Please insert a disk into drive G:” misal dalam kasus ini drive flashdisk terdeteksi di drive G.
Untuk mengatasi permasalahan diatas Ada beberapa alternatif cara untuk menyelesaikan masalah flashdisk sobat. ikutilah langkah-langkah berikut ini sebagai  Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Bermasalah tersebut :

Alternatif Cara 1 : 
Memanfaatkan Fasilitas Format HP USB Disk Storage Format Tool

Sobat bisa mencoba untuk memformat menggunakan software tools HP USB Disk Storage Format Tool. Software HP USB Disk Storage Format Tool ini dapat Sobat download secara bebas melalui internet. Meskipun diperuntukkan flashdisk produksi HP, tools ini bisa sangat membantu. Namun jika tetap tidak bisa menyelesaikan masalah ini, bisa dilakukan alternatif cara berikutnya.

Alternatif Cara 2 : 
Menggunakan Software untuk memperbaiki Flashdisk.

Alternatif kedua ini adalah dengan memanfaatkan beberapa tools atau software yang dapat dipakai dalam mengatasi permasalahan flashdisk yang rusak. Sobat dapat mendownload software atau tools berikut ini :
  1.     Super Stick Recovery Tools
  2.     Low Level Format
  3.     Seatools for Windows

Jika software atau tools diatas masih saja tidak bisa memperbaiki. Sobat tidak usah berputus asa, masih ada satu yang mengatasi flashdisk yang terdeteksi dengan kapasitas 0 kb ini. Yuk kita simak cara terakhir kita.

Alternatif cara 3: 
Melakukan Reprogram ulang IC Controller Flashdisk

Nah cara ini adalah melakukan low level format USB Flashdisk sekaligus memflash atau melakukan program ulang terhadap IC Controller Flashdisk. Namun, Sobat harus melakukan pembongkaran casing flashdisk untuk melihat type dari IC controler dari flashdisk. Dalam kasus ini misal IC Controllernya adalah ALCOR-AU6986. Maka carilah di google software tools reprogram untuk IC tersebut seperti software AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986.

Nah inilah step by step yang harus Sobat lakukan menggunakan program AlcorMP_UFD tools ini untuk memperbaiki flashdisk bermasalah kita (pastikan sobat telah mendownload program AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986 disini atau disini. Ukuran filenya kurang lebih 3,536 KB.
  1.     Ekstrak file yang telah kita download tadi.
  2.     Jalankanlah file ALCORMP.EXE dengan cara klik dua kali.
  3.     Pilihlah menu setup, apabila keluar jendela password klik OK saja,
  4.     Gantilah Scan Mode menjadi Low Level Format.
  5.     Kemudian klik Start(A) untuk memulai prosesnya, dan tunggulah sampai proses selesai.
  6.     Setelah berhasil format ulang sekali lagi Flashdisk Anda menggunakan fasilitas Format bawaan Windows.
  7.     Nah, flashdisk siap dihidangkan lagi.

Demikianlah Artikel tentang Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Bermasalah semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Good Luck


Tips Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak






.
Share this article :